Wednesday, September 5, 2007
Keretek, Keretek, Rek, Rek (Rahasia kecil)
Kali ini saya tidak akan membahas perjuangan saya mempertahankan bahasa kameumeut dan tetek bengek "ka-Sunda-an" saya di tanah mamang Sam (bukan penjual soto kambing di jalan ABC banceuy tea) alias di Yusten (Houston). Saya kini tertarik untuk membuka rahasia kecil saya yang biarpun saya simpan baik-baik, saya jamin akan ketahuan juga oleh orang lain. Inget dengan system feedback di kantor yang katanya teh: perluas area "I know You know" dengan membuka diri atau share tentang diri kita ke pihak lain.
Summer time memang bukan favorit keluarga saya terutama saya sendiri kurang bersahabat dengan yang namanya panas. Jadinya acara saya sekeluarga lebih banyak dihabiskan di rumah alias ngadem he he he. Bukan ini rahasia yang saya ingin berbagi kali ini tapi bolehlah anggap yang ini mah sebagai bonus. Saya ngga tahu apakah rahasia yang saya alami ini lumrah dialami juga orang-orang lain atau spesifik orang tertentu saja.
Saya pernah berpikir jangan-jangan karena saya orang kantoran yang kerjanya cuman duduk melulu melototin komputer. Atau karena saya orang Tasik? Pasti deh ini mah ngga ada hubungannya, kalopun ada namanya maksa! Saya pernah kepikiran juga bahwa mungkin karena saya lebih suka main badminton dibandingkan olahraga lain, tapi saya perhatikan Taufik Hidayat dan Lin Dan rasanya ngga pernah ketahuan cerita urusan begini ke media masa (mereka malu kali ye, memangnya apa sih?).
Saya sebenarnya untuk urusan ini cukup terbuka terutama dengan teman-teman yang cukup dekat walaupun ngga pernah bicara langsung masalahnya. Kalau mereka cukup jeli rasanya mereka sudah pasti sangat tahu apa rahasia kecil saya ini. Saya sedikit cerita tahun-tahun saya masih di sumatera. Kebetulan di belakang kantor disediakan mushola. Nah saat-saat setelah sholat ini sebenarnya rahasia ini gampang terbongkarnya. Signalnya jelas saya hanya manggil nama ssohabat kantor saya dan tiba-tiba terdengar: keretek, keretek, rek, rek..... Hampir setiap selesai sholat terjadi dan yang lucunya temen-temen deket saya pun akhirnya melakukan yang sama. Mereka manggil "Don...lalu keretek, keretek, rek, rek....
Saya dan bundanya Tiara karena sama-sama satu profesi mengerti sekali betapa rahasia saya ini kurang bagus kalo dialami anak-anak kecil, makanya bundanya Tiara biasanya menyarankan orang tua buat ngajarin anak-anak berenang dan lain-lain cara katanya biar belajar anak-anak bisa lebih berkonsentrasi.
Kembali ke cerita summer kali ini. Kami sekeluarga makin banyak mengabiskan waktu di rumah (kecuali pas shopping he he) dan frekuensi kejadian yang berhubungan dengan rahasia saya ini makin banyak. Signalnya mirip dengan kejadian di mushola waktu di sumatera yakni: "Bunda, .... lalu keretek, keretek, rek, rek..." dan saya bilang:" enak, hampang ayeuna mah" (enak, ringan sekarang mah).
Belum dapat clue-nya juga? Yah terpaksa deh terang-terangan dijelasin: Abdi teh sok cangkeul tonggong, tah upami nuju karaos, nyuhunkeun dipangmeuseulkeun. Carana abdi nyauran rerenacangan atanapi pun bojo, teras nangkuban teras ditindihan, tah tonggongna didedetkeun kupanangan, kaluar sorana keretek, keretek, rek, rek pas didaerah belikat dan tulang belakang he he he

5 Comments:

At September 6, 2007 at 2:21 AM, Blogger Tantri Nugraha said...

haaaaa......sugan teh naon keretek,keretek,rek, rek......atuh da raos di dedtkeun walikat ateh meuni LEGAAAAAA teh asana kumaha????siga cita2 nuju bobot,"lamun tos babar palay ngareketekkeun cangkeng bari krek ka kenca krek ka katuhu......MERDEKA

 
At September 12, 2007 at 7:47 AM, Blogger TomInta family said...

Ah Abah...eta mah ogoan weee.....
hoyong dipeuseul :p
wilujeng shaum nya Don
hapunten lahir bathin...

 
At September 17, 2007 at 6:43 PM, Blogger Bunda Raffee said...

emang enakeun bah mun di keretek tonggong teh

 
At October 16, 2007 at 12:00 PM, Blogger icHaaWe said...

curang!!! penjelasan tarakhirnya pake bahasa sunda...saya gak ngerti *protes.com*
maksudnya suara kentut andakah? ato suara bunyi tulang belakang anda?

 
At April 8, 2008 at 3:27 AM, Anonymous Anonymous said...

Hello. This post is likeable, and your blog is very interesting, congratulations :-). I will add in my blogroll =). If possible gives a last there on my blog, it is about the Wireless, I hope you enjoy. The address is http://wireless-brasil.blogspot.com. A hug.

 

Post a Comment

<< Home