Sunday, April 22, 2007
Punten Kang, Tidak Berhasil
Perjuangan mempertahankan bahasa sunda kameumeut tidak cukup dengan hanya mengandalkan bicara ke orang-orang tapi juga dengan menunjukkan jati diri ka-sunda-an. Itu juga yang saya coba lakukan di sini terlebih di bulan-bulan awal perjalanan hidup saya di tanah mamang Sam ini.
Biar kata pakar peribahasa dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung, terus terang saya mah agak berbeda pendapat buat menerapkannya untuk soal yang satu ini yaitu urusan patuangan, alias beuteung, alias tummy or kadaharan. Kalau masalahnya cuma karena harus makan nasi terus itu sih lumrah bagi para pendatang semacam saya ini yang memang dalam sejarahnya nasi itu makanan pokok dan benar-benar pokok karena lauk pauk mah hanya hiasan dipiring. Saya masih ingat bagaimana nasi sepiring penuh nyembul sampai mirip gunung tangkuban parahu cuma dihias telor asin yang terpaksa dibagi empat. Kebayang khan komposisinya seperti apa dan karena itu juga biasanya si telor seperempat bagian itu masih utuh sampai nasi mau habis dan orang jawa bilang bisa digado tuh telornya.....
Sebenarnya saya agak sungkan cerita soal yang satu ini soalnya tidak semua orang sependapat bahwa makanan yang satu ini luar biasa punya pengaruhnya bagi mereka para penggemarnya termasuk saya ini. Kalau dibanding-bandingkan kasusnya mungkin agak mirip dengan buah duren, yang katanya rasa & baunya ruarr biasa nikmat dan harumnya tapi buat beberapa yang kebetulan lidah dan hidungnya tidak bersahabat katanya bau jurig, lieur....
Biar tidak panjang-panjang saya terus terang saja bahwa saya penggemar ati maung, alias jengkol alias jariang kata orang Pekanbaru beberapa waktu lalu. Saking saya itu penggemar berat, sesampainya di negeri mang Sam, kerinduan pada yang satu ini semakin menggebu sampai-sampai beberapa strategi pernah dimainkan untuk memuluskan jalan mendapatkan si ati maung ini.
Hari itu telpon saya berbunyi dan terdengarlah suara sekuriti menyapa saya dari ujung sana. Ternyata mereka sedang meeting untuk memutuskan nasib paket yang dikirim kepada saya. "Sir, it's like a fruit?" saya jawab saja sekenanya: Oh, Fruit? Of course... terus mereka melanjutkan:" but it's melted and its smell, I don't think you will agree with us if we deliver it to you..." Saya cepet mikir dan baru inget bahwa sobat saya ada yang begitu berbelas asih buat ngirimin ini dan saya yakin si ati maung teh udah berlayar rada lamaan nih , maka saya pun putuskan bicara begini: I think you can just cancel this delivery and put them on trash..." padahal teu kabayang pan tah maranehna lieur ku smell-na....
Beberapa bulan berikutnya sahabat saya yang lain berkunjung ke apartemen karena kebetulan sedang ada dinas. Kita ngalor-ngidul cerita sampai akhirnya si sahabat saya curhat:" Punten Kang, tidak berhasil, padahal udah sampai di US, udah naik pesawat, lewat pemeriksaan di cengkareng semua aman, ...... eeeh eta tah pas dibuka sekuriti di San Francisco ati maung yang tadinya mulus, ada yang nongol keluar dari lubang (ulet kecil) pakai acara lompat lagi, ya akhirnya dengan berat hati saya serahkan semuanya...... (Saya jadi mikir kenapa di Cengkareng mah si ulet teh takut nongol soalna pan sekuritinya juga bisa jadi para penggemar ati maung)

8 Comments:

At April 22, 2007 at 9:42 PM, Blogger putri said...

hahaha... emang di USA gak ada tuh ati maung? hihi... di Jerman ada lho.. sejenis gitu hihihi.. tp cuma ada di toko turki. Mungkin gak seenak aslinya ya :P tp saya jg gak pernah makan... bukan penggemar sih hehehe..

 
At April 23, 2007 at 9:53 AM, Blogger Arina said...

...huahahahaaa.... si uletnya gak sabar menikmati udara bebas amerika....mungkin emang mau rencana minta asylum...

 
At April 24, 2007 at 3:19 PM, Blogger Inayah said...

kalau disini mah dinaman kancing levis bah...
Tapi mun jalan ka Sydney, ka rumah makan Idonesia, kadang sok aya tah semur jengkol teh...palay dikirim nu tos janten masakana?

 
At April 27, 2007 at 12:43 AM, Blogger Ica Dimyati said...

aduh bah bunda eta tara protes hihi abi mah sok protes bah, sbb sami pun lanceuk ge pan pecinta sejati ati maung duh abottzzzzzz hihihi ,padahal abi ge apal eta teh raos (pernah sakali ngaraosan) tp ari atos nuangna handeueul bauna bikin eneg naha nya hihi

bun ..atuh salamet ya bun kita2 teh di luar nagreg mah hihi *tos ah bun*

 
At May 1, 2007 at 10:07 AM, Blogger NiLA Obsidian said...

punten ah abah, nepangkenu heula, abdi teh nyasar ka dieu ti blog tatanggi......
meni bungah pependak urang salembur...

abah....nembe terang oge ari jengkol teh disebat ati maung.....mmmhhhh kacipta pisan si bule.....ngambeuan si ati maung nya....
iraha2 iraha mah dipiwarang nyobian atuh si satpam bule teh.....sugan we katagihan......heuheuheu.....

heup ah nembe nganjang meni panjang komen teh....
isin....
mangga bah.....

 
At May 7, 2007 at 8:23 AM, Blogger Tantri Nugraha said...

aBAH....hayuk atuh urang tuang jengki balado anu lada....sareng sangu haneut, halaaaaaaaaaaah,...ngacay

 
At May 8, 2007 at 8:04 PM, Blogger bundanya i-an said...

ha..ha..ha.. aya-aya wae.. padahal semur jengki dah kebayang tah didepan mata...

 
At May 19, 2007 at 3:26 AM, Blogger TomInta family said...

Don... waktu tau dikau terdampar di Houston sana, terbersit pikiran..."wah dony udah rela pisah ma ati maung euy" hehehehe
ternyata? ah patuangan mah teu bisa nipu nya...:-))

Mun peuteuy didieu aya Don... palay? ;)

 

Post a Comment

<< Home