Saturday, April 14, 2007
Si Adam! Si Adam!
Perjuangan saya di level perbahasaan belumlah berakhir dalam dua tahun saya tinggal di nagari mang sam (padalah nu aya oge bang sam, tukang sop kambing di jalan ABC/banceuy bandung).
Biar tidak lupa (maklum lah sok rada-rada), saya mau cerita kejadian yang agak mutakhir alias cerita kekinian antara saya dan putri saya yang sebentar lagi mau menginjak empat belas tahun (?) maksudnya rasanya dia sudah mau empat belas tahun padahal baru mo empat tahun. Saya tidak mau cerita dia seperti apa, maklum istri saya punya hak patent untuk publikasi si putri tercinta ini.
Saya punya cita-cita luhur membudidayakan bahasa sunda dimanapun saya berada, di tasik jangan ditanya, di sumatra teman-teman minang saya memanggil saya dengan kakang plus abah yang merasa dekat dan coba-coba pakai bunyi-bunyi yang mirip seperti keluar dari mulut saya ini, temen-temen yang jawa pun demikian tak kalah motivasinya walaupun kadang keluar dengan bunyi yang menurut undak usuk basa (tata bahasa) mestinya dipakai untuk bicara sambil emosi atau saat bicara dengan mereka yang tinggal di zoo belakang ITB. Tak apalah buat saya yang penting tugas mulia terlaksana. Nah gara-gara sikap begini pula sampai dua tahun ini saya harus masih menghadapi ebtanas.
Sekarang ini saya menggunakan bahasa Indonesia, Inggris dan tentu saja bahasa kemeumeut, Sunda, di rumah. Begini kira-kira bunyi-bunyi di rumah saya terkait hal yang satu ini; kalau anak saya minta ditemenin cuci-cuci setelah "pup": "Neng, flush dulu, sok atuh pan sudah big girl, tah pake tangan yang kiri, sing beresih biar sehat." Di lain hari saya ingat waktu anak saya mulai menggunakan bahasa Inggris, anak saya laporan: Daddy, Mommy, Neng ngacay (ngeces) on the bed! Dan nama saya pun mulai berubah jadi cep dedi sejak saat itu, padahal saya sih lebih seneng dipanggil ayah saja. Untuk yang satu ini putri saya cukup kooperatif, jadi cep dedi hanya datang sesekali saja.
Hari itu kita jalan-jalan, putri saya memang luar biasa keinginan bicaranya, apalagi saat ini obrolan pake bahasa pamannya si tukang sop kambing ini lebih kental. Saya pun tetap bertekad tidak kehilangan misi saya untuk melanjutkan generasi kesundaan ke putri saya, sampai saya dengar anak saya bicara seperti ini: Ayah,..... Si Adam!, Ayah.... Si Adam! Saya segera menyahut mengingat misi ini: Neng, itu Adam jangan pake Si, jadi adam saja ya pakai bahasa yang halus kalau panggil nama orang! Tiba-tiba istri dan putri saya nyahut: Ayah, tadi maksudnya Neng tuh: Ayah, see Adam, see Adam! sambil nunjukkin saya ke grocery store berjudul ADAM Halal Meat tempat kita biasa membeli daging. Cep Dedi hanya bisa senyam-senyum saja.

9 Comments:

At April 15, 2007 at 8:44 AM, Blogger putri said...

Hehehe...
Setuju kalau Tiara harus tetap bisa 'bahasa ibu'. Nanti makin besar pasti deh Tiara lebih bisa memilah mana yg harus dipakai apa bhs Inggris atau bhs Sunda-nya. Bentar lagi.. pasti pinteran dia ngoreksi bhs Inggris Abahnya hihi..

 
At April 15, 2007 at 9:23 PM, Blogger abyaz-bayza said...

wakakakakkk.. lucu! lucu!
*ketawa-sampe-guling-guling*

 
At April 16, 2007 at 5:53 AM, Blogger Rien Hanafiah said...

wakakakakakkk....aya...aya wae...hayaaa...saya mah teu tiasa stop geura laughingna...hahah...

eh si abah meni pandai bercerita...eh nya sanes abah, tapina cep dedi nya :))

 
At April 16, 2007 at 3:37 PM, Blogger Inayah said...

ha ha ha! eta mah bapakna nu salah! maksud si neng apa, tanggapan si abah apa...
Abah kena penyakit jaka sembung deh, gak nyambung kitu !

 
At April 16, 2007 at 6:38 PM, Blogger Ica Dimyati said...

aduh bah ..hihi kade atuh wakakak untung teu aya nu ngartoseun selain bunda nya hihi mun aya sigana beureum tah ....

 
At April 17, 2007 at 1:56 AM, Blogger Bunda Raffee said...

wakakakaka......salam ah kanggo adam...

 
At April 18, 2007 at 3:56 PM, Blogger Mamah Ani said...

euleuh euleuh "abah dedi" teh geuning meuni capetang ngadongengna nya....sok derrr ah dongeng deui....lucu pisan bah, eh ded....

 
At May 1, 2007 at 10:13 AM, Blogger NiLA Obsidian said...

cep dedi........hehehehe
bade seuri ngabarakatak......meni di tahan2 da didieu teh tos jam 12 wengi.....

sok ah.....jd ka ide an mempertahan kan bahasa sunda oge ka berudak....
alhamdulillah abdi alitna sareng pun nini janten bacaan na oge mangle....

salam ka pun istri sareng neng tiara

 
At May 19, 2007 at 3:28 AM, Blogger TomInta family said...

Hahahaah teu nyambung..nu hiji mind setnya Amriki nu hiji sunda... jadi kitu tah hehehe

Tiara....tos uninga ayeuna ari nyelap basa amrikna naon? :D

 

Post a Comment

<< Home